TEORI MANAJEMEN DAN ORGANISASI Tujuan Pembahasan * Menjelaskan teori manajemen dan semua aktivitas manajerial beserta perkembangannya * Menyebutkan tokoh-tokoh yang berperan dalam perkembangan teori manajemen * Menunjukkan perbedaan beberapa teori manajemen * Menunjukkan sumbangan dan keterbatasan dari masing-masing teori manajemen Pendahuluan * Manusia adalah makhluk sosial, sehingga ada kecenderungan untuk berinteraksi& bekerjasama. * Manusia pasti menjadi anggota suatu organisasi, baik formal maupun informal. * Setiap organisasi pasti mempunyai tujuan yanghendak dicapai. * Untuk mencapai tujuan, organisasi dipengaruhi, langsung/tidak langsung, oleh berbagai kekuatan oleh berbagai kekuatan diluar/didalam organisasi. * Kekuatan eksternal yang mempunyai pengaruh kuat diantaranya :secara tidak langsung, diantaranya : - “Product life cycleProduct life cycle” semakin pendek” Teknologi baru menggantikan metoda operasi yang ada. - Peranan organisasi dalam dunia :Peranan organisasi dalam dunia : * Pemberi kontribusi terbesar pada standar hidup manusia. * Memberikan dampak, baik atau buruk, untuk masa mendatang. * Membantu menghubungkan manusia dengan masa lalunya. * Prestasi organisasi adalah ukuran yg menyatakan bahwa sejauh mana organisasi itu berfungsi,sesuai dengan tujuan organisasi tersebut. * Pimpinan organisasi disebut manajer, yang bertanggung jawab atas keberhasilan organisasi mencapai tujuan. * “Manajemen, berasal dari kata “ to manage”, yang artinya mengelola. * Manajer harus mampu bekerja secara efisien dan efektif ----->prestasi manajerial. - Efisiensi kemampuan untuk menggunakan sedikit mungkin sumberdaya untuk mencapai tujuan, atau melakukan sesuatu dengan tepat (doing things right) - Efektivitas kemampuan untuk menentukan tujuan yang tepat, atau melakukan sesuatu yang tepat (doing the right thing) Pengertian Manajemen adalah : - Sebuah proses untuk mencapai tujuan organisasi dengan memanfaatkan fungsi-fungsi manajemen seperti merencanakan (planning), mengorganisasikan (organizing), memimpin (leading) dan mengendalikan (controlling) - seni untuk mencapai sasaran melalui orang lain(menurut Mary Parker Follett) - suatu ilmu(menurut Luther Gullick) Peran Manajer (H. Mintzberg)(H. Mintzberg) Peran Antar Pribadi : Interpersonal roles / Peran antar pribadi Figurehead / Sebagai symbol / tokoh Leader / sebagai pemimpin Liaison / Sebagai penghubung Informational roles / Peran dalam informasi Monitor / memantau Disseminator / membagi / menyebar Spokesperson / Juru bicara Decisional roles / Peran pengambil keputusan Enterpreneur / Pengambil inisiatif Disturbance handler / Menangan masalah Resource allocator / Mengalokasikan sumber daya Negotiator / Melakukan negosiasi/perundingan Jenis Manajer Berdasarkan posisi pada organisasi Manajer Puncak (Top Managers) Manajer Menengah (Middle Managers) Manajer Garis Pertama (First Line Managers) Berdasarkan ruang lingkup kegiatan yang dikelola Manajer Fungsional (Functional Managers) membawahi/bertanggungjawab hanya satu bidang fungsional Manajer Umum (General Managers) membawahi unit yang kompleks dan bertanggungjawab atas semua kegiatan dari unit tersebut Ketrampilan Manajer Ketrampilan Teknis (Technical Skills) kemampuan menggunakan alat, termasuk alat bantu (toolstools),menerapkan prosedur operasional standar dan pengetahuan teknik khusus Ketrampilan Manusiawi (Human Skills) kemampuan untuk bekerjasama dengan orang lain dan memotivasi orang lain baik sebagai individu maupun kelompok Ketrampilan Konsepsual (Conceptual Skills) kemampuan untuk mengkoordinasi dan memadukan berbagai kepentingan dan kegiatan didalam organisasi Untuk mengelola Manajemen Modern diperlukan : - Visi - Nilai dan etika - Kepekaan dalam menghadapi keanekaragaman budaya Ketiga kebutuhan tersebut dipicu oleh : - Perkembangan teknologi yang cepat, terutama teknologi komunikasi dan transportasi - Globalisasi Evolusi Teori Manajemen 3 aliran dalam teori manajemen : Aliran Klasik (Classical School) mempunyai 2 cabang : - Manajemen Ilmiah (ScientIfic Management School) - Teori Organisasi Ilmiah (Classical Organizational Theory School) Aliran Perilaku (Behavioral School) Aliran Ilmu Manajemen (Management Science) Pendekatan yang berusaha mengintegrasi ke 3 aliran : - Pendekatan Sistem (System Approach) - Pendekatan Kontingensi (The Contingency ApproachThe) - Pendekatan Keterlibatan Dinamis (Dynamic Engagement Approach) Teori Manajemen Ilmiah Aliran ini : - Dipelopori oleh Frederick W. Taylor dkk, yang mencoba untuk menerangkan secara ilmiah metode terbaik untuk melaksanakan tugas, menyeleksi, melatih dan memotivasi pekerja - populer antara tahun 1890 – 1920 Muncul akibat : - langkanya tenaga kerja terampil - adanya kebutuhan untuk meningkatkan produktivitas Teori Manajemen Ilmiah Frederick W. Taylor mengemukakan 4 prinsip dasar mengelola kerja : - Pengembangan manajemen secara ilmiah yang benar yang dapat digunakan untuk menentukan metoda yang benar untuk menjalankan setiap tugas. - Seleksi pekerja dilaksanakan secara ilmiah dan pekerja tsb diberi tanggungjawab/tugas sesuai dengan sesuai dengan ketrampilan yang dimilikinya - Pendidikan dan pengembangan pekerja juga dilakukan secara ilmiah - Harus ada kerjasama yang erat antara manajemen dan pekerja Teori Manajemen Ilmiah . Pendapat Frederick W. Taylor lainnya : . Manajemen dan pekerja mempunyai kepentingan yang sama yaitu meningkatkan produksi . Pekerja yang lebih produktif diberikan upah yang lebih tinggi (Sistem Tarif Berbeda/Differential Rate System) . Dampak dari Teori Manajemen Ilmiah : . Terjadi kenaikan produktivitas yg dramatis dan upah menjadi lebih tinggi, namun kemampuan manusia ada batasnya. Sehingga pekerja lebih cepat pensiun . Akhirnya teori ini ditentang oleh para pekerja dan Serikat Pekerja Teori Manajemen Ilmiah Pendapat ahli lainnya : Robert Owen - Peningkatan kondisi kerja akan meningkatkan produksi - Unsur pekerja merupakan unsur terpenting dalam proses produksi Charles Babbage Penerapan prinsip-prinsip ilmiah dalam proses kerja akan meningkatkan produktivitas dan dapat menekan biaya Henry L. Gantt - Memperkenalkan Gantt Chart, yg digunakan utk penjadwalan kerja - Tidak menggunakan Sistem Tarip Berbeda, namun menerapkan Sistem Bonus tambahan Pendapat ahli lainnya (lanjutan) : Gilbert bersaudara (Frank B. Gilbert & Lilian M. Gilbert), mempelajari aspek kelelahan dan gerak (fatique and motion studies) : Gerakan dan kelelahan saling berkaitan. Setiap gerakan yg dihilangkan akan mengurangi kelelahan dan meningkatkan semangat kerja ----> disebut prinsip Penyederhanaan Kerja Mengembangkan three position plan, untuk promosi pengembangan pekerja dan mendorong semangat kerja, artinya pada bangan pekerja dan mendorong semangat kerja, artinya pada saat pekerja bekerja (saat ini), ia mempersiapkan diri untuk jabatan yg lebih tinggi dan sekaligus melatih calon penggantinya. Pendapat ahli lainnya (lanjutan) : Herrington Emerson, mengemukakan bahwa : - Manajer seharusnya menggunakan cara ilmiah dalam menganalisa sasaran dan fakta sesungguhnya - Manajer seharusnya mendefiniskan tujuan-tujuan yang dikerjakan - Manajer seharusnya membuat standarisasi berbagai metoda dan prosedur yang digunakandan - Manajer seharusnya menghargai individu atas keberhasilan pelaksanaan tugasnya disebut prinsip-prinsip Efisiensi Sumbangan Teori Manajemen Ilmiah : - Metoda yg dikembangkan dapat diterapkan pada berbagai kegiatan organisasi - Tehnik yg dikembangkan menjadi efisien (dalam gerakan pekerja) - Seleksi dan pengembangan pekerja dilakukan secara ilmiah. - Pentingnya rancangan kerja, mendorong para manajer untuk mencari cara yg terbaik utk melaksanakan tugas. - Membuka jalan ke arah profesionalisasi manajemen. Keterbatasan Teori Manajemen Ilmiah - Ternyata peningkatan produksi tidak disertai dengan peningkatan pendapatan para pekerja - Memandang manusia sebagai sesuatu yg hanya dapat dimotivasi dengan pemuasan kebutuhan ekonomi dan kebutuhan fisik (manusia rasional). Tidak memperhatikan kebutuhan/masalah sosial dari para pekerja, termasuk masalah stres/frustasi dan ketegangan akibat kerjama – - Mengabaikan kebutuhan pekerja akan kepuasan hasilMengabaikan kebutuhan pekerja akan kepuasan hasilkerja yang telah dilaksanakannyakerja yang telah dilaksanakannya Teori Organisasi Klasik Aliran ini : - dipelopori oleh Henri Fayol, yang mencoba untuk mengenali prinsip-prinsip dan ketrampilan yang mendasari manajemen yang efektif - mempunyai persamaan dengan aliran sebelumnya,dalam hal penggunaan metode ilmiah - berbeda dengan aliran sebelumnya, dalam hal sudut pandang terhadap suatu organisasi. Taylor melihatnya dari fungsi organisasi, sedangkan Fayol melihatnya secara keseluruhan dan memusatkan perhatiannya perhatiannya pada manajemen Teori Organisasi Klasik * Menurut Henri Fayol ada 14 prinsip manajemen untuk mengelola organisasi : 1.Devision of labor (pembagian pekerjaan) Makin spesialis, makin efisien kerjanya 2.Authority (wewenang)(wewenang) Manajer mempunyai wewenang untuk memberi perintah 3.Discipline (disiplin)(disiplin) Setiap anggota organisasi harus mematuhi peraturan 4.Unity of command (kesatuan perintah) Setiap pekerja hanya menerima perintah dari satu orang 5.Unity of direction (kesatuan arah) Mempunyai tujuan yang sama dan diarahkan oleh satu orang 6.Subordination of individual interest to the common good (mengutamakan kepentingan umum) Kepentingan organisasi lebih diutamakan dari pada pribadi 7.Remuneration (imbalan)(imbalan) Pengupahan/kompensasi untuk pekerjaan yang dilakukan harus adil bagi pekerja maupun majikan 8.Centralization (pemusatan)(pemusatan) Manajer adalah tanggungjawab terakhir dari keputusan yang diambil, meskipun dia mendelegasikan wewenang ke bawah 9.The Hierarchy (hierarki)(hierarki) Otoritas wewenang dalam organisasi mulai top manajer sampai pimpinan terbawah 10.Order (tersusun/teratur) Bahan baku/material dan manusia/pekerja, pada waktu yang tepat/waktu tertentu, ditempatkan pada tempat yang tepattepat/waktu tertentu, ditempatkan pada tempat yang tepat IKI-30410 Sistem Informasi ManajemenIKI-30410 Sistem Informasi ManajemenTeori Organisasi KlasikTeori Organisasi Klasik(5 dari 9)(5 dari 9) n 14 prinsip manajemen (lanjutan) : 11.11.Equity (keadilan)(keadilan) è Manajer harus adil dan akrab dengan bawahannyaManajer harus adil dan akrab dengan bawahannya12.12.Stability of staff (kestabilan staf)(kestabilan staf) è Banyak keluar masuk staf menunjukan ada ketidak efisien-anBanyak keluar masuk staf menunjukan ada ketidak efisien-anfungsi organisasifungsi organisasi13.13.Initiative (inisiatif)(inisiatif) è Bawahan harus diberi kebebasan untuk memikirkan danBawahan harus diberi kebebasan untuk memikirkan danmelaksanakan tugasnyamelaksanakan tugasnya14.14.Esprit de Corps (semangat kelompok)(semangat kelompok) è Meningkatkan semangat kelompok akan menimbulkan rasaMeningkatkan semangat kelompok akan menimbulkan rasakesatuankesatuan IKI-30410 Sistem Informasi ManajemenIKI-30410 Sistem Informasi ManajemenTeori Organisasi KlasikTeori Organisasi Klasik(6 dari 9)(6 dari 9) n Pendapat ahli lainnya : l Max Weber D Mengembangkan teori manajemen birokrasi (Mengembangkan teori manajemen birokrasi (theory oftheory ofbureaucratic managementbureaucratic management) yang menekankan pada kebutuhan) yang menekankan pada kebutuhanhierarki yang baik dengan penetapan peraturan dan garishierarki yang baik dengan penetapan peraturan dan gariswewenang yang jelas.wewenang yang jelas. D Birokrasi (Birokrasi (bureaucracybureaucracy) adalah organisasi dengan struktur) adalah organisasi dengan strukturformal dan struktur hierarki yang disahkanformal dan struktur hierarki yang disahkanl Mary Parker Follett D Memperkenalkan elemen baru dalam bidang hubungan manusiaMemperkenalkan elemen baru dalam bidang hubungan manusiadengan struktur organisasidengan struktur organisasi ÔÔ lihat pengertian manajemenlihat pengertian manajemen IKI-30410 Sistem Informasi ManajemenIKI-30410 Sistem Informasi ManajemenTeori Organisasi KlasikTeori Organisasi Klasik(7 dari 9)(7 dari 9) n Pendapat ahli lainnya (lanjutan) : l Mary Parker Follett (lanjutan) D Memperkenalkan model pengendalian organisasi yang utuh,Memperkenalkan model pengendalian organisasi yang utuh, dimana faktor lingkungan (politik, ekonomi, dsb) juga ikutdimana faktor lingkungan (politik, ekonomi, dsb) juga ikutberperan dalam pengendalian organisasi selain individu atauberperan dalam pengendalian organisasi selain individu ataukelompok individu yang ada didalam organisasi tsb.kelompok individu yang ada didalam organisasi tsb. l James D. Mooney & Alan C. Reiley, dalam bukunya The Principles of Organization : D Manajemen adalah teknik atau seni untuk mengarahkan atauManajemen adalah teknik atau seni untuk mengarahkan ataumengilhami orang lainmengilhami orang lainD Organisasi adalah teknik untuk menghubungkan semuaOrganisasi adalah teknik untuk menghubungkan semuatugas/fungsi tertentu dalam satu koordinasi yang menyeluruhtugas/fungsi tertentu dalam satu koordinasi yang menyeluruh IKI-30410 Sistem Informasi Manajemen Teori Organisasi Klasik (8 dari 9) n Pendapat ahli lainnya (lanjutan) : l Chester I. Barnard D Orang berkerjasama dalam organisasi formal untuk mencapai tujuan yang tidak dapat mereka capai kalau mereka bekerja sendiri-sendiri. Tetapi mereka harus memuaskan kebutuhan masing-masing individu D Sebuah organisasi dapat bertahan dan bekerja secara efisien hanya kalau tujuan organisasi tsb dibuat seimbang dengan kebutuhan individual yg ada didalam organisasi tsb D Makin banyak aktivitas pekerja dalam zone tidak penting/zone indifference (aktivitas tanpa ijin atasan), maka organisasi tersebut semakin lancar dan semakin kooperatif IKI-30410 Sistem Informasi ManajemenIKI-30410 Sistem Informasi ManajemenTeori Organisasi KlasikTeori Organisasi Klasik(9 dari 9)(9 dari 9) n Sumbangan : l Ketrampilan manajerial dapat diterapkan pada semua jenisKetrampilan manajerial dapat diterapkan pada semua jeniskelompok kegiatankelompok kegiatanl Memperlihatkan masalah-masalah yang mendasar dalam setiapMemperlihatkan masalah-masalah yang mendasar dalam setiaporganisasiorganisasin Keterbatasan : l Prinsip-prinsip yang dikemukakan, hanya tepat apabila organisasiPrinsip-prinsip yang dikemukakan, hanya tepat apabila organisasiberada dalam lingkungan yg stabil dan dapat diprediksiberada dalam lingkungan yg stabil dan dapat diprediksil Prinsip-prinsip yang dikemukakan terlalu umum, sehingga tidakPrinsip-prinsip yang dikemukakan terlalu umum, sehingga tidakdapat mengatasi semua permasalahan organisasi yang semakindapat mengatasi semua permasalahan organisasi yang semakinkomplekskompleks IKI-30410 Sistem Informasi ManajemenIKI-30410 Sistem Informasi ManajemenAliran PerilakuAliran Perilaku(1 dari 6)(1 dari 6) n Aliran ini : l muncul, karena dengan pendekatan klasik tidak dapatmuncul, karena dengan pendekatan klasik tidak dapatdicapai efisiensi produksi dan keserasian kerjadicapai efisiensi produksi dan keserasian kerjal mencari upaya mengatasi masalah organisasi denganmencari upaya mengatasi masalah organisasi denganmelihat dari sisi pola tingkah laku pekerja, terutamamelihat dari sisi pola tingkah laku pekerja, terutamahubungan antar manusia (hubungan antar manusia (human relationshuman relations)) l didukung oleh para ahli dalam bidang ilmu sosial dandidukung oleh para ahli dalam bidang ilmu sosial danpsikologipsikologi IKI-30410 Sistem Informasi ManajemenIKI-30410 Sistem Informasi ManajemenAliran PerilakuAliran Perilaku(2 dari 6)(2 dari 6) n Pendapat ahli aliran ini : l Hugo Munsterberg D Faktor psikologi dapat membantu peningkatan produksiFaktor psikologi dapat membantu peningkatan produksimelalui (1) pemilihan pekerja yg cocok, (2) menciptakan kondisimelalui (1) pemilihan pekerja yg cocok, (2) menciptakan kondisikeja yg baik dan (3) memotivasi pekerjakeja yg baik dan (3) memotivasi pekerjal Elton Mayo D Pekerja akan bekerja lebih keras apabila mereka percaya bahwaPekerja akan bekerja lebih keras apabila mereka percaya bahwapihak manajemen memperhatikan kesejahteraan merekapihak manajemen memperhatikan kesejahteraan mereka(disebut efek Hawthorne)(disebut efek Hawthorne) è Pendapat tsb dihasilkan dari hasil eksperimen yang disebut eksperimen Hawthorne, pada perusahaan Western Electric Co. D Mengemukakan konsep “Manusia Sosial” yang termotivasi olehMengemukakan konsep “Manusia Sosial” yang termotivasi olehpemenuhan kebutuhan sosial melalui hubungan kerja.pemenuhan kebutuhan sosial melalui hubungan kerja. IKI-30410 Sistem Informasi ManajemenIKI-30410 Sistem Informasi ManajemenAliran PerilakuAliran Perilaku(3 dari 6)(3 dari 6) n Pendapat ahli aliran ini (lanjutan) : l Abraham Maslow D Kebutuhan yang memotivasi manusia untuk mendapatkanKebutuhan yang memotivasi manusia untuk mendapatkankepuasan disusun secara hierarki (bertingkat/bertahap)kepuasan disusun secara hierarki (bertingkat/bertahap) À Kebutuhan JasmaniKebutuhan Jasmaniu Kebutuhan paling dasar/kebutuhan utamaKebutuhan paling dasar/kebutuhan utamau Kebutuhan untuk memelihara kelangsungan hidup/generasiKebutuhan untuk memelihara kelangsungan hidup/generasiseperti makan, minum, seks, dsbseperti makan, minum, seks, dsb Á Kebutuhan Rasa AmanKebutuhan Rasa Amanu Kebutuhan akan perlindungan dari segala bentuk ancaman,Kebutuhan akan perlindungan dari segala bentuk ancaman, termasuk penyakit, ketidak-pastian, pemutusan hubungan kerjatermasuk penyakit, ketidak-pastian, pemutusan hubungan kerjadsb.dsb. IKI-30410 Sistem Informasi ManajemenIKI-30410 Sistem Informasi ManajemenAliran PerilakuAliran Perilaku(4 dari 6)(4 dari 6) n Pendapat ahli aliran ini (lanjutan) : l Abraham Maslow (lanjutan) Â Kebutuhan SosialKebutuhan Sosialu Kebutuhan yang berkaitan dengan hubungan individu tsb denganKebutuhan yang berkaitan dengan hubungan individu tsb denganindividu lain, seperti kebutuhan akan cinta, kasih sayang, rasaindividu lain, seperti kebutuhan akan cinta, kasih sayang, rasamemiliki, dsb.memiliki, dsb. Ã Kebutuhan PenghargaanKebutuhan Penghargaanu Kebutuhan akan penghargaan dari individu lain, seperti rasaKebutuhan akan penghargaan dari individu lain, seperti rasahormat, pengakuan, harga diri, dsb.hormat, pengakuan, harga diri, dsb. Ä Kebutuhan Aktualisasi DiriKebutuhan Aktualisasi Diriu Kebutuhan untuk meningkatkan kemampuan diri, seperti adanyaKebutuhan untuk meningkatkan kemampuan diri, seperti adanyapeluang untuk maju, tantangan dalam pekerjaan, kesempatanpeluang untuk maju, tantangan dalam pekerjaan, kesempatanuntuk berkreasi (kreativitas), dsb.untuk berkreasi (kreativitas), dsb. IKI-30410 Sistem Informasi ManajemenIKI-30410 Sistem Informasi ManajemenAliran PerilakuAliran Perilaku(5 dari 6)(5 dari 6) n Pendapat ahli aliran ini (lanjutan) : l Douglas McGregor D Teori XTeori Xu Mengasumsikan bahwa orang itu malas, membenci pekerjaan,Mengasumsikan bahwa orang itu malas, membenci pekerjaan, menghindari tanggungjawab dan harus diarahkan secara ketatmenghindari tanggungjawab dan harus diarahkan secara ketatdengan paksaan, uang ataupun pujiandengan paksaan, uang ataupun pujianD Teori YTeori Yu Mengasumsikan bahwa orang menyukai tanggungjawab,Mengasumsikan bahwa orang menyukai tanggungjawab, menyukai pekerjaan dan berusaha melaksanakan pekerjaanmenyukai pekerjaan dan berusaha melaksanakan pekerjaandengan baik karena akan mendapatkan imbalan/penghargaandengan baik karena akan mendapatkan imbalan/penghargaan IKI-30410 Sistem Informasi ManajemenIKI-30410 Sistem Informasi ManajemenAliran PerilakuAliran Perilaku(6 dari 6)(6 dari 6) n Sumbangan : l Memberi pemahaman akan pentingnya motivasi, perilaku kelompok,Memberi pemahaman akan pentingnya motivasi, perilaku kelompok, hubungan antar pekerjahubungan antar pekerjal Manajer menjadi lebih sensitif dalam berhubungan denganManajer menjadi lebih sensitif dalam berhubungan denganbawahannyabawahannyan Keterbatasan : l Model dan teori yang diajukan terlalu abstrak dan penerapannyaModel dan teori yang diajukan terlalu abstrak dan penerapannyacukup rumitcukup rumitl Perilaku manusia sangat kompleks, sehingga membingungkan paraPerilaku manusia sangat kompleks, sehingga membingungkan paramanajer karena pemecahan masalah pekerja satu dengan yangmanajer karena pemecahan masalah pekerja satu dengan yanglain sering kali berbedalain sering kali berbeda IKI-30410 Sistem Informasi ManajemenIKI-30410 Sistem Informasi ManajemenAliran Ilmu ManajemenAliran Ilmu Manajemen(1 dari 4)(1 dari 4) n Aliran ini merupakan hasil pemikiran dari TimAliran ini merupakan hasil pemikiran dari Tim OperationalOperationalResearchResearch yang dibentuk oleh kalangan militer Inggris danyang dibentuk oleh kalangan militer Inggris danAmerika pada Perang Dunia II.Amerika pada Perang Dunia II. n Tujuan dibentuknya tim tersebut adalah untuk membantuTujuan dibentuknya tim tersebut adalah untuk membantumengelola operasi militer dengan sumber daya dan inputmengelola operasi militer dengan sumber daya dan inputyg terbatasyg terbatasn Tim tersebut terdiri dari ahli matematika, ahli statistik,Tim tersebut terdiri dari ahli matematika, ahli statistik, ahli strategi militer, ahli ekonomi, ahli manajemen dan ahliahli strategi militer, ahli ekonomi, ahli manajemen dan ahli- ahli ilmu sosial lainnya.ahli ilmu sosial lainnya. IKI-30410 Sistem Informasi ManajemenIKI-30410 Sistem Informasi ManajemenAliran Ilmu ManajemenAliran Ilmu Manajemen(2 dari 4)(2 dari 4) n Tujuan utama dari ilmu manajemen adalah memberikanTujuan utama dari ilmu manajemen adalah memberikanlandasan kuantitatif dalam pengambilan keputusanlandasan kuantitatif dalam pengambilan keputusann Fokus utama aliran ini adalah penerapan modelFokus utama aliran ini adalah penerapan modelmatematika dalam suatu sistemmatematika dalam suatu sistemn Karakteristik :Karakteristik : l Memfokuskan pada pengambilan keputusan, karena pengambilanMemfokuskan pada pengambilan keputusan, karena pengambilankeputusan merupakan aktivitas utama para manajerkeputusan merupakan aktivitas utama para manajerl Percaya pada efektifitas kriteria ekonomi, karena semua tindakanPercaya pada efektifitas kriteria ekonomi, karena semua tindakanmempunyai nilai-nilai ekonomis yang bisa diukurmempunyai nilai-nilai ekonomis yang bisa diukurl Percaya pada model matematika formal, karena model tsb dapatPercaya pada model matematika formal, karena model tsb dapatmelakukan modeling/simulasi. Mengingat kompleksnya model matemelakukan modeling/simulasi. Mengingat kompleksnya model mate- matika dan volume data yg besar, maka butuh bantuan komputermatika dan volume data yg besar, maka butuh bantuan komputer IKI-30410 Sistem Informasi ManajemenIKI-30410 Sistem Informasi ManajemenAliran Ilmu ManajemenAliran Ilmu Manajemen(3 dari 4)(3 dari 4) n Aliran Ilmu Manajemen dikenal denganAliran Ilmu Manajemen dikenal dengan Operation Research (OR) dan diimplementasikan menjadidan diimplementasikan menjadiProduction & Operational Management (P/OM) n Beberapa manfaat P/OM :Beberapa manfaat P/OM : l Allocation ModelAllocation Model, untuk alokasi sumberdaya, salah satu, untuk alokasi sumberdaya, salah satubagiannya disebutbagiannya disebut linear programminglinear programmingl Network ModelNetwork Model, untuk perencanaan dan pengendalian proyek,, untuk perencanaan dan pengendalian proyek, contoh : PERT(contoh : PERT(Program Evaluation & Review TechniqueProgram Evaluation & Review Technique)) l Inventory ModelInventory Model, untuk menghitung persediaan berkaitan dengan, untuk menghitung persediaan berkaitan denganjumlah pesanan & kapan harus dilakukan pemesanan kembalijumlah pesanan & kapan harus dilakukan pemesanan kembali IKI-30410 Sistem Informasi ManajemenIKI-30410 Sistem Informasi ManajemenAliran Ilmu ManajemenAliran Ilmu Manajemen(4 dari 4)(4 dari 4) n Sumbangan : l Pemecahan masalah dilihat dari berbagai disiplin ilmuPemecahan masalah dilihat dari berbagai disiplin ilmu(interdisipliner)(interdisipliner) l Pemecahan masalah secara matematisPemecahan masalah secara matematisl Teknik-teknik modeling digunakan pada berbagai kegiatanTeknik-teknik modeling digunakan pada berbagai kegiatanl Banyak memecahkan masalah yg berkaitan dengan organisasiBanyak memecahkan masalah yg berkaitan dengan organisasin Keterbatasan : l Hanya efektif untuk kegiatan perencanaan dan pengawasan,Hanya efektif untuk kegiatan perencanaan dan pengawasan, sedangkan untuk kegiatan lain (sedangkan untuk kegiatan lain (organizing & leadingorganizing & leading) tidak efektif) tidak efektifl Teknik-teknik yg dikembangkan tidak cukup efektif untuk mengatasiTeknik-teknik yg dikembangkan tidak cukup efektif untuk mengatasimasalah manajemen manusiamasalah manajemen manusia IKI-30410 Sistem Informasi ManajemenIKI-30410 Sistem Informasi ManajemenPendekatan SistemPendekatan Sistemn Pendekatan Sistem (Systems Approach) : l digunakan untuk menyatukan pendekatan daridigunakan untuk menyatukan pendekatan dariAliran Manajemen Klasik, Manajemen PerilakuAliran Manajemen Klasik, Manajemen Perilakudan Ilmudan Ilmul organisasi dipandang sebagai suatu kesatuanorganisasi dipandang sebagai suatu kesatuanyang terdiri dari bagian-bagian yang salingyang terdiri dari bagian-bagian yang salingterkait, saling berhubungan dan salingterkait, saling berhubungan dan salingmempengaruhimempengaruhi è telah dibahas lebih mendalam pada sesi lain IKI-30410 Sistem Informasi ManajemenIKI-30410 Sistem Informasi ManajemenPendekatan KontingensiPendekatan Kontingensi(1 dari 2)(1 dari 2) n Pendekatan Kontingensi (Contingency Approach) ini : l mengidentifikasi karakteristik dari pekerjaan, orangmengidentifikasi karakteristik dari pekerjaan, orangmaupun organisasimaupun organisasil prinsip dasar yang mendasari pendekatan ini :prinsip dasar yang mendasari pendekatan ini : tidak ada cara yang terbaik untuk melaksanakan perencanaan, pengorganisasian maupun pengendalian, karena sangat bergantung pada situasi l masalah sama, situasi berbeda maka cara penyelesaimasalah sama, situasi berbeda maka cara penyelesai- an masalah tersebut mungkin akan berbedaan masalah tersebut mungkin akan berbeda IKI-30410 Sistem Informasi ManajemenIKI-30410 Sistem Informasi ManajemenPendekatan KontingensiPendekatan Kontingensi(2 dari 2)(2 dari 2) n Pendekatan ini (lanjutan) : l Banyak digunakan oleh para manajer modern diseluruhBanyak digunakan oleh para manajer modern diseluruhdunia, karena pendekatan ini sangat relevan padadunia, karena pendekatan ini sangat relevan padakondisikondisi22 sebagai berikut :sebagai berikut : D GlobalisasiGlobalisasiD Permintaan akan kepemimpinan yang responsifPermintaan akan kepemimpinan yang responsifD Perubahan demografi dan ketrampilan angkatan kerjaPerubahan demografi dan ketrampilan angkatan kerjaD Tuntutan struktur organisasi yang responsif terhadapTuntutan struktur organisasi yang responsif terhadapperubahan lingkunganperubahan lingkunganD Perubahan kebutuhan dan keinginan pekerja, sepertiPerubahan kebutuhan dan keinginan pekerja, sepertikeamanan/jaminan pekerjaan, kepemilikan dan pemenuhankeamanan/jaminan pekerjaan, kepemilikan dan pemenuhankebutuhan pribadikebutuhan pribadi IKI-30410 Sistem Informasi ManajemenIKI-30410 Sistem Informasi ManajemenPendekatan KeterlibatanPendekatan KeterlibatanDinamisDinamisn Pendekatan ini : l Diperkenalkan oleh Stoner, dkkDiperkenalkan oleh Stoner, dkkl Pendekatan ini memfokuskan pada hubungan manusiawiPendekatan ini memfokuskan pada hubungan manusiawiyang harus dengan cepat melakukan adaptasi terhadapyang harus dengan cepat melakukan adaptasi terhadapperubahan yang terjadi sepanjang waktuperubahan yang terjadi sepanjang waktul Lingkungan organisasi : kompleks dan merupakan jaringanLingkungan organisasi : kompleks dan merupakan jaringanyang dinamis dari orang-orang yang saling berinteraksiyang dinamis dari orang-orang yang saling berinteraksil Harus memperhatikan Etika dan Tanggung Jawab SosialHarus memperhatikan Etika dan Tanggung Jawab Sosiall Total Quality ManagementTotal Quality Management (TQM) harus menjadi perhatian(TQM) harus menjadi perhatianpara manajerpara manajer